Jumat, 19 Oktober 2012

Ganguan-ganguan dalam Kejiwaan

Pengertian mengenai kesehatan beragam ungkapnya. 
Berikut ini adalah beberapa pengertian tersebut:
1. Kesehatan mental adalah terhindarnya orang dari gejala-gejala gangguan jiwa ( neurose )
2. Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana dia hidup dan berinteraksi.
3. Kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin, sehingga membawa kepada kebahagiaan diri dan orang lain serta dari gangguan-gangguan dan penyakit jiwa.
4. Kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem biasa yang terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan diri.

Kesehatan mental adalah keserasian atau kesesuaian antara seluruh aspek psikologis dan dimiliki oleh seorang untuk dikembangkan secara optimal agar individu mampu melakukan kehidupan-kehidupan sesuai dengan tuntutan-tuntutan atau nilai-nilai yang berlaku secara individual, kelompok maupun masyarakat luas sehingga yang sehat baik secara mental maupun secara sosial.
Pengertian mengenai kesehatan beragam ungkapnya Pengertian sehat atau kesehatan menurut dokter mungkin sedikit banyak akan berbeda dengan perawat, fisioterapi, apoteker atau tenaga peramedis lainnya. Meskipun mereka bersama-sama mengabdi pada bidang kesehatan.


Gambar tersebut adalah orang-orang yang jiwanya terganggu ....

SURABAYAkini–Pola hidup yang konsumtif mengakibatkan gangguan jiwa. tak tanggung-tanggung jumlah mencapai angka  10 – 12 persen warga Jawa Timur.
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan, saat ini,  gangguan mental emosional dialami oleh semua kalangan. Masyarakat yang mengalami gangguan seperti ini antara 10-12 persen. Salah satu penyebab gangguan mental emosional disebabkan meningkatnya  pola hidup yang konsumtif.
“Naiknya pendapatan perkapita yang  mencapai tiga ribu dolar AS menciptakan banyak orang kaya baru (OKB) dengan gaya hidup (life style) baru pula. Hidup mereka tidak terkontrol. 66 persen hasil produktifitas dipergunakan untuk kebutuhan konsumtif,” katanya
Persolan ini sangat mengganggu pemerintah Jawa Timur karena menjadi  permasalahan baru. Banyaknya orang yang mengalami gangguan mental emosional karena tidak dapat menekan keinginan dan kebutuhannya, serta meningkatnya tindak kriminal.
Untuk menghadapinya, Pakde Karwo sapaan lekatnya mendesak agar RSJ  Menur yang menjadi rujukan bukan hanya untuk masyarakat Jatim saja  tetapi juga untuk Indonesia Wilayah Timur. Selain RSJ juga menyediakan ruang konsultasi kejiwaan yang  memadai, termasuk sarana dan tenaga konsoler yang profesional.
Selain itu, gubernur dengan kumis tebalitu juga mendesak agar RSJ melakukan penguatan kelembagaan terutama pada perbaikan sistem rujukan pelayanan kesehatan masyarakat. Ini agar dapat dinikmati sampai pelosok daerah dengan mudah dan nyaman.
Penguatan kelembagaan itu salah satunya dengan segera merumuskan kebijakan yang tepat bagi penderita gangguan jiwa yang dipasung dan gangguan mental emosional. Pasung masih banyak dilakukan oleh masyarakat tidak mampu untuk menangani  keluarga yang mengalami gangguan jiwa terutama didaerah pedesaan.
”Saya minta, apabila  rumah sakit mengetahui ada pasien terpasung untuk segera menjemputnya. Mereka berasal dari keluarga tidak mampu, jangan sampai penderitaan
 
sumber : http://surabayakini.com/2011/03/dua-persen-warga-jatim-gila/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar